KASELA.KENDALMU.OR.ID. Melalui sebuah audensi antara Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Kaliwunngu, Kaliwungu Selatan, dan Brangsong (Kalisebrang) dengan Direktur RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah (RSDI) Kaliwungu, dr H. Muhammad Arif Rida yang didampingi Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PCM Kaliwungu, Edy Hansa dan Direktur Umum dan Keuangan RSDI, Miftachul Izah diambil kesepahaman tentang pengelolaan parkir di RSDI.
Audensi yang berlangsung Kamis (30/1/2025) tersebut menghasilkan titik kesepakatan, bahwa parkir yang awalnya dikelola oleh RSDI diserahkan/dikelola oleh PCPM Kalisebrang.
Direktur RSDI Kaliwungu mengatakan, parkir kendaraan di RSDI yang aman dan nyaman merupakan salah satu indikator kelancaran kegiatan dan aktivitas di berbagai pusat kegiatan serta pelayanan umum termasuk di rumah sakit.
“Fasilitas parkir yang baik, aman, dan nyaman dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit,” katanya.

Menurutnya fasilitas parkir di rumah sakit merupakan bagian integral yang tak terpisahkan yang berdampak pada citra pelayanan kesehatan.
“Fasilitas parkir yang baik berkontribusi pada keamanan dan kenyamanan pengunjung rumah sakit, karenanya dengan fasilitas perparkiran yang baik dapat meningkatkan kualitas mutu pelayanan rumah sakit,” terangnya.
Direktur RSDI berpesan supaya parkir di RSDI dikelola secara profesional, bermartabat dan Islami.
“Setiap pengguna parkir di RSDI berhak mendapat pelayanan yang baik, maka petugas parkir bersikap baik juga, Islami, ucapkan terima kasih, dan jangan sampai terjadi komplain,” pintanya.

Senentara itu, Ketua MPKU Kaliwungu, Edy Hansa mengungkapkan, adanya fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) di lingkungan RSDI mestinya bisa membuat warga rumah sakit dan pengunjung merasa nyaman.
“Termasuk parkir kendaraan di RSDI dijamin aman dan nyaman oleh pengguna parkir,” ujar Edy Hansa.
Diharapkan setelah parkir kendaraan dikelola oleh PCPM Kalisebrang, kondisi parkir di RSDI tertata lebih rapi dan nyaman sehingga para pengunjung merasa puas atas pelayanan parkir dan tidak merasa kecewa memberi distribusinya.
Sedangkan Kepala Parkir RSDI Kaliwungu, Ainur Riizki Abidalh mengaku sudah menyiapkan petugas pengelola parkir dengan fasilitas yang cukup.
“Kami terdiri 8 petugas yang siap melaksanakan tugas sesuai jadwal yang ditetapkan dengan aman, nyaman, dan tanggung jawab,” akunya.
Selain 8 orang, kata Rizki, pihaknya juga menyiapkan fasilitas dan peralatan parkir, seperti penutup jok, plastik kresek untuk penutup helm (jika hujan), struk parkir, payung, rompi beridentitas untuk petugas parkir, jas hujan, tenda outdoor, dan lampu lalin,
Diketahui dalam rentang 3 bulan ke depan parkir di RSDI dikelola PCPM Kalisebrang, dan untuk selanjutnya akan ada MoU yang mengatur pihak RSDI dengan pengelola parkir tentang hak, kewajiban, tanggung jawab dan tasyaruf hasil pengelolaan parkir. (adi)
Kontributor : Adi Purnawan
Editor : Abdul Ghofur