Close Menu
  • Profil
    • PDM Kendal
      • Struktur Organisasi
      • Sejarah
    • Majelis
    • Lembaga
    • Organisasi Otonom
    • Amal Usaha
  • Artikel
    • Kesehatan
    • Opini
    • Pendidikan
    • Berita
  • Kemuhammadiyahan
    • Dakwah
    • Khazanah
    • Ukuwah
  • Editorial
  • Penerbitan Buku
Berita Terbaru

Layar Kecil, Langkah Panjang

Oktober 13, 2025

Meneguhkan Gerakan Keluarga Muda Tangguh: Nasyiatul ‘Aisyiyah Menjawab Tantangan Perempuan Masa Kini

Oktober 13, 2025

Ustadz Mahtum: “Dunia Tempat Beramal Tanpa Hisab, Akhirat Tempat Dihisab Tanpa Amal”

Oktober 13, 2025
Facebook X (Twitter) Instagram
  • Redaksi
  • Daftar
  • Login
Facebook Instagram YouTube WhatsApp Telegram
Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal
Daftar
  • Profil
    • PDM Kendal
      • Struktur Organisasi
      • Sejarah
    • Majelis
    • Lembaga
    • Organisasi Otonom
    • Amal Usaha
  • Artikel
    1. Kesehatan
    2. Opini
    3. Pendidikan
    4. Berita
    5. View All

    Masih Nuasa Milad Ke 112 Muhammadiyah, AUM Pendidikan di Kendal Lakukan Jumsih

    November 22, 2024

    Tim Marketing Pondok DA 4 Caruban Kunjungi Elementary School Di Luar Kota.

    November 22, 2024

    Tingkatkan Kualitas Jurnalis, MPI PP Muhammadiyah Gelar AJM

    November 22, 2024

    Senam Sehat Ceria LDK PDM Kendal: Tua Itu Pasti, Sehat Adalah Pilihan

    Agustus 21, 2023

    Meneguhkan Gerakan Keluarga Muda Tangguh: Nasyiatul ‘Aisyiyah Menjawab Tantangan Perempuan Masa Kini

    Oktober 13, 2025

    KOKAM 60 Tahun: Tangguh, Bersinergi, Menjaga dan Membangun Negeri

    Oktober 1, 2025

    Kesaktian Pancasila dalam Bingkai Darul Ahdi wa Syahadah

    September 30, 2025

    Tragedi G30S/PKI dalam Perspektif Pelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan

    September 30, 2025

    Irwan Aqib: Tanpa Akhlak, Ilmu Kehilangan Arah

    Juni 1, 2025

    Sofyan Anif: Pendidikan Muhammadiyah Bukan Sekadar Transfer Ilmu, Tapi Transformasi Nilai

    Mei 13, 2025

    Dari Mengelola ke Mengembangkan: Saatnya Sekolah Muhammadiyah Melompat Lebih Tinggi

    April 11, 2025

    Tim Marketing Pondok DA 4 Caruban Kunjungi Elementary School Di Luar Kota.

    November 22, 2024

    Ustadz Mahtum: “Dunia Tempat Beramal Tanpa Hisab, Akhirat Tempat Dihisab Tanpa Amal”

    Oktober 13, 2025

    Ustadz Supri: “Zalim Itu Gelap di Akhirat, Jangan Sampai Amal Kita Hilang di Hari Pembalasan”

    Oktober 13, 2025

    6.400 Pelajar Tumpah di GOR Bahurekso, POPDA Kendal 2025 Jadi Ajang Lahirkan Bintang Olahraga Masa Depan

    Oktober 13, 2025

    Inspektorat Kendal Gencarkan Sosialisasi Antikorupsi: Bangun Budaya Integritas Sejak Dini di Kalangan ASN

    Oktober 13, 2025

    Layar Kecil, Langkah Panjang

    Oktober 13, 2025

    Meneguhkan Gerakan Keluarga Muda Tangguh: Nasyiatul ‘Aisyiyah Menjawab Tantangan Perempuan Masa Kini

    Oktober 13, 2025

    Ustadz Mahtum: “Dunia Tempat Beramal Tanpa Hisab, Akhirat Tempat Dihisab Tanpa Amal”

    Oktober 13, 2025

    Ustadz Supri: “Zalim Itu Gelap di Akhirat, Jangan Sampai Amal Kita Hilang di Hari Pembalasan”

    Oktober 13, 2025
  • Kemuhammadiyahan
    1. Dakwah
    2. Khazanah
    3. Ukuwah
    4. View All

    Makna Adzan sebagai Seruan Persatuan Umat: Kajian Ahad Pagi PCM Ngampel Bersama Ust. Musthofa

    Agustus 4, 2025

    Munafik dan Mukhlis: Cermin Kontras Kehidupan yang Terungkap dalam Al-Baqarah

    Juli 25, 2025

    Syahdu di Pagi Ahad: Menguatkan Tauhid dan Iman kepada Hari Akhir di Halaman Panti Yatim Muhammadiyah Boja

    Juni 1, 2025

    Ustadz Jumari Al Ngluwari Tekankan Pentingnya Tiga Nilai Akhlak Mulia: Pemaaf, Menyeru Kebaikan, dan Menjauhi Orang Jahil

    Mei 16, 2025

    Kapal Mendoan, Warisan Rasa dari Tanah Kebumen

    September 20, 2025

    PCM Ngampel Ingatkan Kader: Jangan Gagal Paham Soal Muhammadiyah

    Agustus 11, 2025

    Tiga Titik Cahaya Muhammadiyah: Dari Kampung Kecil di Yogyakarta Menyinari Nusantara hingga Dunia

    Agustus 9, 2025

    Pancasila sebagai Pedoman Moral dan Ideologis Bangsa

    Juni 1, 2025

    SAMBUT MILAD, MUHAMMADIYAH GELAR LOMBA FACHRODIN AWARD

    Agustus 29, 2023

    Bupati Kendal Beri Hadiah Umroh 2 Security Muhammadiyah, Berangkat Bergabung Jamaah Arrahmah Tour

    Agustus 19, 2023

    Rayakan HUT RI Ke 78, Pegawai Komplek Gedung PDM Kendal Gelar Jalan Sehat dan Lomba

    Agustus 19, 2023

    Sukses Gelar Musyawarah Cabang Aisyiyah Brangsong, Tetapkan Siti Rofingah sebagai Ketua

    Agustus 16, 2023

    Layar Kecil, Langkah Panjang

    Oktober 13, 2025

    Meneguhkan Gerakan Keluarga Muda Tangguh: Nasyiatul ‘Aisyiyah Menjawab Tantangan Perempuan Masa Kini

    Oktober 13, 2025

    Ustadz Mahtum: “Dunia Tempat Beramal Tanpa Hisab, Akhirat Tempat Dihisab Tanpa Amal”

    Oktober 13, 2025

    Ustadz Supri: “Zalim Itu Gelap di Akhirat, Jangan Sampai Amal Kita Hilang di Hari Pembalasan”

    Oktober 13, 2025
  • Editorial
  • Penerbitan Buku
Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal
Berita

Arrohmah Tour Gelar Management Training Customer Cervice.

RedaksiRedaksiSeptember 3, 2024Updated:September 3, 202404 Mins Read
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email

KENDAL.KENDALMU.OR.ID. Pelayanan prima memiliki peranan sangat penting di sebuah lembaga, termasuk Ormas Islam sebesar Muhammadiyah, didalamnya terdapat kantor-kantor layanan, seperti  pendidikan, kesehatan, sosial, dan kesekretariatan.

Hal tersebut dilakukan untuk membangun kepercayaan, meningkatkan partisipasi, dan memperkuat hubungan dengan anggota serta masyarakat luas.

Arrahmah Tour Jateng berpusat di Kendal sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah menjalin kerjasama dengan Bank Muamalah menyelenggarakan Management Training Customer Cervice, sebuah program pelatihan untuk manajer dan staff tentang pelayanan costumer yang bekerja di lingkungan gedung pusat dakwah Muhammadiyah Kendal.

Kegiatan tersebut dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam manajemen layanan pelanggan.

Direktur Arrahmah Tour, Ghozwatul Fikri Arfinanda mengatakan, kegiatan ini untuk melatih diri kita sendiri mengambil sumber dari mereka yang berpengalaman, yakni Bank Muamalat.

“Pelayanan oleh lembaga keuangan, seperti Bank Muamalat kepada pelanggan perlu kita serap untuk diterapkan di setiap unit usaha di lingkungan gedung PDM Kendal,” kata Fikri di Hotel Sae Inn Kendal, Selasa (3/9/2024).

Dia mengungkapkan, secara lembaga, dia sering melakukan kunjungan ke berapa daerah yang berdiri Arrahmah Tour, seperti Jepara, Kudus, dan Sukoharjo, tetapi terlihat dalam menyambut dan melayani customer masih di bawah standar.

Fikri berharap, pelayanan pelanggan di lingkungan gedung PDM Kendal tidak tampak prima dari belakang, tetapi juga tampak di depan.

“Artinya, customer tidak hanya terlayani baik ketika di dalam kantor, tetapi terkesan baik ketika pertama kali masuk di lingkungan gedung PDM Kendal,” pintanya.

Dia juga juga meminta, selesai pelatihan ini ada rencana tindak lanjut sebagai praktek nyata.

Sementara itu Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam mengatakan, training ini sebagai ikhtiar untuk merubah performa pegawai di setiap kantor agar lebih baik dalam menyambut dan melayani siapapun yang datang ke kantor.

“Muhammadiyah adalah gerakan dakwah, maka kita berpenampilan menarik kepada siapapun yang datang. Kalau yang mengajak saja tidak menarik, tidak simpatik, tidak ramah, dan tidak rapi, maka mereka akan meninggalkan kita,” kata Ikhsan.

Menurutnya, memberi pelayanan yang baik memberi manfaat diri kita masing-masing, tidak hanya untuk Muhammadiyah atau orang lain saja.

“Memberi service yang baik berpengaruh dan memberi manfaat terhadap diri sendiri,” ujarnya mengutip Al qur’an Surat Al Isra ayat 7,:

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ

‘Jika kamu berbuat baik berarti kamu berbuat baik kepada dirimu sendiri.’

Ikhsan mengingatkan, bahwa siapapun yang datang di lingkungan kantor PDM Kendal adalah tamu dan harus diberlakukan dengan baik.

“Tamu yang datang di kantor di lingkungan PDM Kendal adalah tamu yang harus kita hormati, mulyakan sebagai standar orang-orang beriman,”katanya mengutip hadits Rasulullah,  مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلأخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ

‘Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya ia menghormati tamu,’

Sedangkan Manajer Regional Rervice Quality Jateng dan DIY Bank Muamalat, Yuni Puspitaningtias yang bertindak nara sumber menyampaikan, pegawai frontliner (posisi garis depan) harus mampu memberikan layanan dengan tujuan solusi terbaik atas kebutuhan, harapan dan permasalahan konsumen.

Yuni mengingatkan, tugas pegawai di lembaga apapun memberi servis terbaik konsumen, dan memberi kepuasan sifatnya ringan bernilai ibadah, senyum, salam dan sapa.

“Kita ditugaskan untuk beribadah, dan berlomba-lomba beribadah,” kata Yuni didampingi moderator Wakil Rektor Umkaba, Utomo.

Beribadah dan berpahala yang mudah dalam melayani konsumen, sambung Yuni, menyapa dengan senyuman ramah, menawarkan bantuan dengan ikhlas, dan memberi kenyamanan.

Lebih lanjut dipaparkan, bahwa setiap pegawai berpenampilan, karena dapat memberi kesan konsumen.

“Salah satu faktor yang memberikan first impression (kesan pertama-red) kepada customer adalah penampilan, karena sangat penting yang dapat memberikan kesan positif atau negatif yang akan mempengaruhi layanan,” terangnya.

Menyinggung pakaian kerja yang dikenakan pegawai, Yuni memberi tips, yakni memilih pakaian dengan ukuran pas, hindari pakaian yang terlalu terbuka, memakai sepatu yang bersih dan rapi, hindari assesoris berlebihan, pilih bahan pakaian yang tepat, menyerap keringat, dan pahami dress code (pakaian seragam) di tempat kerja.

Kegiatan Management Training Customer Cervice diikuti oleh pegawai perwakilan unit kerja di lingkungan gedung pusat dakwah Muhammadiyah Kendal, yakni Arrahmah Tour, Umkaba, Sekretariat kantor PDM Kendal, Lazismu, dan Majelis Dikdasmen PNF PDM Kendal. (fur)

Post Views: 323
Share. Facebook Telegram WhatsApp

Related Posts

Ustadz Mahtum: “Dunia Tempat Beramal Tanpa Hisab, Akhirat Tempat Dihisab Tanpa Amal”

Oktober 13, 2025

Ustadz Supri: “Zalim Itu Gelap di Akhirat, Jangan Sampai Amal Kita Hilang di Hari Pembalasan”

Oktober 13, 2025

6.400 Pelajar Tumpah di GOR Bahurekso, POPDA Kendal 2025 Jadi Ajang Lahirkan Bintang Olahraga Masa Depan

Oktober 13, 2025
Leave A Reply Cancel Reply

Top Posts

Andi Kusuma Brata : Bisnis Itu Tidak Hanya Mengejar Dunia, Tapi Juga Akhirat

September 27, 2024

Tawuran No, Tapak Suci Yess

Februari 2, 2024

Mengungkap dan Memahami Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Maret 29, 2025

Tema “Smart Bonja, Implementasi Sistem Penilaian Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan Antarkan Butuk Kemisih Sebagai Juara 1 Kepala Sekolah Dedikatif

Januari 13, 2025
Don't Miss
Cerpen

Layar Kecil, Langkah Panjang

By Redaksi

Oleh Gofur Al Kendali Pagi itu, embun masih enggan pergi dari dedaunan di halaman rumah.…

Meneguhkan Gerakan Keluarga Muda Tangguh: Nasyiatul ‘Aisyiyah Menjawab Tantangan Perempuan Masa Kini

Oktober 13, 2025

Ustadz Mahtum: “Dunia Tempat Beramal Tanpa Hisab, Akhirat Tempat Dihisab Tanpa Amal”

Oktober 13, 2025

Ustadz Supri: “Zalim Itu Gelap di Akhirat, Jangan Sampai Amal Kita Hilang di Hari Pembalasan”

Oktober 13, 2025

Subscribe to Updates

Get the latest creative news from SmartMag about art & design.

logodark240

Organisasi Otonom

  • Pemuda Muhammadiyah
  • Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM)
  • Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)
  • Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)
  • Seni Beladiri Tapak Suci
  • Kepanduan Hizbul Wathan

Amal Usaha

  • Mina Sari Mart
  • Rumah Sakit Islam (RSI) Kendal
  • Rumah Sakit Darul Istiqomah (RSDI)
  • Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (UMKABA)

Lembaga

  • Lambaga Amal, Zakat, Infaq & Shodaqqoh (LAZISMU)
  • Lembaga Pengembangan Cabang & Ranting
  • Lembaga Penanggulangan Bencana
  • Lembaga Pembina & Pengawas Keuangan
  • Lembaga Hikmah & Kebijakan Publik
  • Lembaga Seni Budaya & Olahraga
  • Lembaga Hubungan & Kerjasama Internasional
  • Lembaga Dakwah Khusus
  • Majelis Pendidikan Dasar & Menengah
  • Majelis Pendidikan Dasar & Menengah

Majelis

  • Majelis Pustaka & Informasi (MPI)
  • Majelis Tarjih & Tajdid
  • Majelis Tabligh
  • Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian & Pengembangan
  • Majelis Pendidikan Dasar & Menengah
  • Majelis Pendidikan Kader
  • Majelis Pembinaan Kesehatan Umum
  • Majelis Pelayanan Sosial
  • Majelis Wakaf & Kehartabendaan
  • Majelis Pemberdayaan Masyarakat
  • Majelis Hukum & Hak Asasi Manusia

Hak Cipta @ Majelis Pustaka & Informasi PDM Kendal

Menu
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Kebijakan Privasi
  • Kontak