Close Menu
  • Profil
    • PDM Kendal
      • Struktur Organisasi
      • Sejarah
    • Majelis
    • Lembaga
    • Organisasi Otonom
    • Amal Usaha
  • Artikel
    • Kesehatan
    • Opini
    • Pendidikan
    • Berita
  • Kemuhammadiyahan
    • Dakwah
    • Khazanah
    • Ukuwah
  • Editorial
  • Penerbitan Buku
Berita Terbaru

Perempuan Tangguh, Cahaya Peradaban: Refleksi Milad ke-94 Nasyiatul ‘Aisyiyah

Mei 17, 2025

PCNA Kangkung Gelar Pelatihan Desain Twibbon dan Flyer untuk Semarakkan Milad ke-94 Nasyiatul ‘Aisyiyah

Mei 17, 2025

Tidak Ada Penulis Hebat Kecuali yang Terlatih

Mei 17, 2025
Facebook X (Twitter) Instagram
  • Redaksi
  • Daftar
  • Login
Facebook Instagram YouTube WhatsApp Telegram
Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal
Daftar
  • Profil
    • PDM Kendal
      • Struktur Organisasi
      • Sejarah
    • Majelis
    • Lembaga
    • Organisasi Otonom
    • Amal Usaha
  • Artikel
    1. Kesehatan
    2. Opini
    3. Pendidikan
    4. Berita
    5. View All

    Masih Nuasa Milad Ke 112 Muhammadiyah, AUM Pendidikan di Kendal Lakukan Jumsih

    November 22, 2024

    Tim Marketing Pondok DA 4 Caruban Kunjungi Elementary School Di Luar Kota.

    November 22, 2024

    Tingkatkan Kualitas Jurnalis, MPI PP Muhammadiyah Gelar AJM

    November 22, 2024

    Senam Sehat Ceria LDK PDM Kendal: Tua Itu Pasti, Sehat Adalah Pilihan

    Agustus 21, 2023

    Perempuan Tangguh, Cahaya Peradaban: Refleksi Milad ke-94 Nasyiatul ‘Aisyiyah

    Mei 17, 2025

    Tidak Ada Penulis Hebat Kecuali yang Terlatih

    Mei 17, 2025

    Di Balik Secangkir Kopi Pahit

    Mei 9, 2025

    Menyulam Rindu di Kediaman Mbah Muslim

    April 27, 2025

    Sofyan Anif: Pendidikan Muhammadiyah Bukan Sekadar Transfer Ilmu, Tapi Transformasi Nilai

    Mei 13, 2025

    Dari Mengelola ke Mengembangkan: Saatnya Sekolah Muhammadiyah Melompat Lebih Tinggi

    April 11, 2025

    Tim Marketing Pondok DA 4 Caruban Kunjungi Elementary School Di Luar Kota.

    November 22, 2024

    Peresmian Qobilah Abu Dzar Al-Ghifari dan Nusaibah, MTs Muh 3 Ngargosari Gelar Kemah

    November 8, 2024

    PCNA Kangkung Gelar Pelatihan Desain Twibbon dan Flyer untuk Semarakkan Milad ke-94 Nasyiatul ‘Aisyiyah

    Mei 17, 2025

    MPM PWM Jateng Sampaikan Rencana Jambore Nasional Jatam 2025 dalam Rakor Se-Semarang Raya

    Mei 16, 2025

    Empat PCM Terima Alumni, Pelepasan Siswa SMK Muga Weleri Penuh Makna

    Mei 15, 2025

    SMK Muhammadiyah 3 Weleri Lepas 410 Siswa Kelas XII, Sebagian Lulus Langsung Bekerja dan Studi Lanjut

    Mei 15, 2025

    Perempuan Tangguh, Cahaya Peradaban: Refleksi Milad ke-94 Nasyiatul ‘Aisyiyah

    Mei 17, 2025

    PCNA Kangkung Gelar Pelatihan Desain Twibbon dan Flyer untuk Semarakkan Milad ke-94 Nasyiatul ‘Aisyiyah

    Mei 17, 2025

    Tidak Ada Penulis Hebat Kecuali yang Terlatih

    Mei 17, 2025

    MPM PWM Jateng Sampaikan Rencana Jambore Nasional Jatam 2025 dalam Rakor Se-Semarang Raya

    Mei 16, 2025
  • Kemuhammadiyahan
    1. Dakwah
    2. Khazanah
    3. Ukuwah
    4. View All

    Ustadz Jumari Al Ngluwari Tekankan Pentingnya Tiga Nilai Akhlak Mulia: Pemaaf, Menyeru Kebaikan, dan Menjauhi Orang Jahil

    Mei 16, 2025

    Ibnu Hasan: Muslim Sejati Adalah Pribadi yang Bertanggung Jawab dan Berilmu

    Mei 13, 2025

    Prof Masrukhi, Refleksi Haji: Seruan Kembali ke Pakaian Kemanusiaan

    Mei 12, 2025

    Ustadz Chanif Terangkan 6 Hak dan Kewajiban Sesama Muslim

    April 27, 2025

    Menjaga Api Dakwah: Refleksi atas Kajian Ahad Pagi Muhammadiyah Weleri

    April 19, 2025

    MAWAR TAK BERDURI

    April 10, 2025

    Di Balik Sejarah Berdirinnya Bakesos Weleri: Dari Pelayanan Kesejahteraan Sosial Menuju Bidang Kesehatan Modern

    April 6, 2025

    Mengungkap Asal-usul Ucapan Minal Aidin Wal Faizin Di Momen Idul Fitri

    April 3, 2025

    SAMBUT MILAD, MUHAMMADIYAH GELAR LOMBA FACHRODIN AWARD

    Agustus 29, 2023

    Bupati Kendal Beri Hadiah Umroh 2 Security Muhammadiyah, Berangkat Bergabung Jamaah Arrahmah Tour

    Agustus 19, 2023

    Rayakan HUT RI Ke 78, Pegawai Komplek Gedung PDM Kendal Gelar Jalan Sehat dan Lomba

    Agustus 19, 2023

    Sukses Gelar Musyawarah Cabang Aisyiyah Brangsong, Tetapkan Siti Rofingah sebagai Ketua

    Agustus 16, 2023

    Perempuan Tangguh, Cahaya Peradaban: Refleksi Milad ke-94 Nasyiatul ‘Aisyiyah

    Mei 17, 2025

    PCNA Kangkung Gelar Pelatihan Desain Twibbon dan Flyer untuk Semarakkan Milad ke-94 Nasyiatul ‘Aisyiyah

    Mei 17, 2025

    Tidak Ada Penulis Hebat Kecuali yang Terlatih

    Mei 17, 2025

    MPM PWM Jateng Sampaikan Rencana Jambore Nasional Jatam 2025 dalam Rakor Se-Semarang Raya

    Mei 16, 2025
  • Editorial
  • Penerbitan Buku
Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal
Berita

Arrohmah Tour Gelar Management Training Customer Cervice.

GhofurGhofurSeptember 3, 2024Updated:September 3, 202404 Mins Read
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email

KENDAL.KENDALMU.OR.ID. Pelayanan prima memiliki peranan sangat penting di sebuah lembaga, termasuk Ormas Islam sebesar Muhammadiyah, didalamnya terdapat kantor-kantor layanan, seperti  pendidikan, kesehatan, sosial, dan kesekretariatan.

Hal tersebut dilakukan untuk membangun kepercayaan, meningkatkan partisipasi, dan memperkuat hubungan dengan anggota serta masyarakat luas.

Arrahmah Tour Jateng berpusat di Kendal sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah menjalin kerjasama dengan Bank Muamalah menyelenggarakan Management Training Customer Cervice, sebuah program pelatihan untuk manajer dan staff tentang pelayanan costumer yang bekerja di lingkungan gedung pusat dakwah Muhammadiyah Kendal.

Kegiatan tersebut dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam manajemen layanan pelanggan.

Direktur Arrahmah Tour, Ghozwatul Fikri Arfinanda mengatakan, kegiatan ini untuk melatih diri kita sendiri mengambil sumber dari mereka yang berpengalaman, yakni Bank Muamalat.

“Pelayanan oleh lembaga keuangan, seperti Bank Muamalat kepada pelanggan perlu kita serap untuk diterapkan di setiap unit usaha di lingkungan gedung PDM Kendal,” kata Fikri di Hotel Sae Inn Kendal, Selasa (3/9/2024).

Dia mengungkapkan, secara lembaga, dia sering melakukan kunjungan ke berapa daerah yang berdiri Arrahmah Tour, seperti Jepara, Kudus, dan Sukoharjo, tetapi terlihat dalam menyambut dan melayani customer masih di bawah standar.

Fikri berharap, pelayanan pelanggan di lingkungan gedung PDM Kendal tidak tampak prima dari belakang, tetapi juga tampak di depan.

“Artinya, customer tidak hanya terlayani baik ketika di dalam kantor, tetapi terkesan baik ketika pertama kali masuk di lingkungan gedung PDM Kendal,” pintanya.

Dia juga juga meminta, selesai pelatihan ini ada rencana tindak lanjut sebagai praktek nyata.

Sementara itu Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam mengatakan, training ini sebagai ikhtiar untuk merubah performa pegawai di setiap kantor agar lebih baik dalam menyambut dan melayani siapapun yang datang ke kantor.

“Muhammadiyah adalah gerakan dakwah, maka kita berpenampilan menarik kepada siapapun yang datang. Kalau yang mengajak saja tidak menarik, tidak simpatik, tidak ramah, dan tidak rapi, maka mereka akan meninggalkan kita,” kata Ikhsan.

Menurutnya, memberi pelayanan yang baik memberi manfaat diri kita masing-masing, tidak hanya untuk Muhammadiyah atau orang lain saja.

“Memberi service yang baik berpengaruh dan memberi manfaat terhadap diri sendiri,” ujarnya mengutip Al qur’an Surat Al Isra ayat 7,:

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ

‘Jika kamu berbuat baik berarti kamu berbuat baik kepada dirimu sendiri.’

Ikhsan mengingatkan, bahwa siapapun yang datang di lingkungan kantor PDM Kendal adalah tamu dan harus diberlakukan dengan baik.

“Tamu yang datang di kantor di lingkungan PDM Kendal adalah tamu yang harus kita hormati, mulyakan sebagai standar orang-orang beriman,”katanya mengutip hadits Rasulullah,  مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلأخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ

‘Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya ia menghormati tamu,’

Sedangkan Manajer Regional Rervice Quality Jateng dan DIY Bank Muamalat, Yuni Puspitaningtias yang bertindak nara sumber menyampaikan, pegawai frontliner (posisi garis depan) harus mampu memberikan layanan dengan tujuan solusi terbaik atas kebutuhan, harapan dan permasalahan konsumen.

Yuni mengingatkan, tugas pegawai di lembaga apapun memberi servis terbaik konsumen, dan memberi kepuasan sifatnya ringan bernilai ibadah, senyum, salam dan sapa.

“Kita ditugaskan untuk beribadah, dan berlomba-lomba beribadah,” kata Yuni didampingi moderator Wakil Rektor Umkaba, Utomo.

Beribadah dan berpahala yang mudah dalam melayani konsumen, sambung Yuni, menyapa dengan senyuman ramah, menawarkan bantuan dengan ikhlas, dan memberi kenyamanan.

Lebih lanjut dipaparkan, bahwa setiap pegawai berpenampilan, karena dapat memberi kesan konsumen.

“Salah satu faktor yang memberikan first impression (kesan pertama-red) kepada customer adalah penampilan, karena sangat penting yang dapat memberikan kesan positif atau negatif yang akan mempengaruhi layanan,” terangnya.

Menyinggung pakaian kerja yang dikenakan pegawai, Yuni memberi tips, yakni memilih pakaian dengan ukuran pas, hindari pakaian yang terlalu terbuka, memakai sepatu yang bersih dan rapi, hindari assesoris berlebihan, pilih bahan pakaian yang tepat, menyerap keringat, dan pahami dress code (pakaian seragam) di tempat kerja.

Kegiatan Management Training Customer Cervice diikuti oleh pegawai perwakilan unit kerja di lingkungan gedung pusat dakwah Muhammadiyah Kendal, yakni Arrahmah Tour, Umkaba, Sekretariat kantor PDM Kendal, Lazismu, dan Majelis Dikdasmen PNF PDM Kendal. (fur)

Post Views: 206
Share. Facebook Telegram WhatsApp

Related Posts

PCNA Kangkung Gelar Pelatihan Desain Twibbon dan Flyer untuk Semarakkan Milad ke-94 Nasyiatul ‘Aisyiyah

Mei 17, 2025

MPM PWM Jateng Sampaikan Rencana Jambore Nasional Jatam 2025 dalam Rakor Se-Semarang Raya

Mei 16, 2025

Empat PCM Terima Alumni, Pelepasan Siswa SMK Muga Weleri Penuh Makna

Mei 15, 2025
Leave A Reply Cancel Reply

Top Posts

Tawuran No, Tapak Suci Yess

Februari 2, 2024

Tema “Smart Bonja, Implementasi Sistem Penilaian Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan Antarkan Butuk Kemisih Sebagai Juara 1 Kepala Sekolah Dedikatif

Januari 13, 2025

Mengungkap dan Memahami Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Maret 29, 2025

Workshop dan Pelatihan Jurnalistik Siap Digelar, MPI Kendal Sediakan Sertifikat

Oktober 29, 2024
Don't Miss
Opini

Perempuan Tangguh, Cahaya Peradaban: Refleksi Milad ke-94 Nasyiatul ‘Aisyiyah

By Ghofur

Oleh Khairul Ummah MENJADI perempuan tangguh di era global bukan sekadar pilihan, melainkan keniscayaan. Di…

PCNA Kangkung Gelar Pelatihan Desain Twibbon dan Flyer untuk Semarakkan Milad ke-94 Nasyiatul ‘Aisyiyah

Mei 17, 2025

Tidak Ada Penulis Hebat Kecuali yang Terlatih

Mei 17, 2025

MPM PWM Jateng Sampaikan Rencana Jambore Nasional Jatam 2025 dalam Rakor Se-Semarang Raya

Mei 16, 2025

Subscribe to Updates

Get the latest creative news from SmartMag about art & design.

logodark240

Organisasi Otonom

  • Pemuda Muhammadiyah
  • Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM)
  • Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)
  • Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)
  • Seni Beladiri Tapak Suci
  • Kepanduan Hizbul Wathan

Amal Usaha

  • Mina Sari Mart
  • Rumah Sakit Islam (RSI) Kendal
  • Rumah Sakit Darul Istiqomah (RSDI)
  • Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (UMKABA)

Lembaga

  • Lambaga Amal, Zakat, Infaq & Shodaqqoh (LAZISMU)
  • Lembaga Pengembangan Cabang & Ranting
  • Lembaga Penanggulangan Bencana
  • Lembaga Pembina & Pengawas Keuangan
  • Lembaga Hikmah & Kebijakan Publik
  • Lembaga Seni Budaya & Olahraga
  • Lembaga Hubungan & Kerjasama Internasional
  • Lembaga Dakwah Khusus
  • Majelis Pendidikan Dasar & Menengah
  • Majelis Pendidikan Dasar & Menengah

Majelis

  • Majelis Pustaka & Informasi (MPI)
  • Majelis Tarjih & Tajdid
  • Majelis Tabligh
  • Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian & Pengembangan
  • Majelis Pendidikan Dasar & Menengah
  • Majelis Pendidikan Kader
  • Majelis Pembinaan Kesehatan Umum
  • Majelis Pelayanan Sosial
  • Majelis Wakaf & Kehartabendaan
  • Majelis Pemberdayaan Masyarakat
  • Majelis Hukum & Hak Asasi Manusia

Hak Cipta @ Majelis Pustaka & Informasi PDM Kendal

Menu
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Kebijakan Privasi
  • Kontak