KALIWUNGU.KENDALMU.OR.ID. Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Darul Istiqomah (RSDI) Kendal terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggelar In House Training (IHT) Komunikasi Efektif bsgi seluruh karyawan.
Pelatihan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik lembaga, dengan materi yang relevan untuk meningkatkan interaksi antara tenaga kesehatan dan pasien, serta antar profesional di rumah sakit.
Direktur Umum dan Keuangan RSDI Kaliwungu, Miftach, menegaskan pentingnya komunikasi efektif dalam membangun kepercayaan pasien.
“Dengan kegiatan ini kita akan belajar dan sharing bersama-sama bagaimana sebagai pelayan kesehatan memberikan komunikasi terbaik untuk pasien,” kata Miftach, Jum’at (8/11/2024).
Dia menjelaskan, In house training komunikasi efektif merupakan program pelatihan yang diselenggarakan di dalam suatu organisasi, seperti rumah sakit, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi karyawan.
Miftach berharap IHT Komunikasi Efektif ini mampu meningkatkan keterampilan karyawan RDDI dalam berinteraksi dengan pasien dan keluarga, yang penting untuk keselamatan pasien dan mutu pelayanan.
Pelatihan yang dipandu oleh Diah Ariefiana, membahas berbagai aspek penting dalam komunikasi efektif di lingkungan rumah sakit. Para peserta antusias mengikuti sesi pelatihan dan berkesempatan untuk berdiskusi serta berbagi pengalaman.
Salah seorang peserta, Ika, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat.
“Dari IHT hari ini dipaparkan, pentingnya komunikasi efektif di rumah sakit. Komunikasi efektif yang baik akan meningkatkan kepuasan pasien, sehingga pasien akan mempercayakan kesehatan keluarganya di RSDI ini, serta standar pelayanan yang sudah diterapkan akan membuat pasien nyaman dengan pelayanan yang diberikan,” ungkap Ika. (rif)