SUKOREJO.KENDALMU.OR.ID. Sekitar 400 siswa SMK Muhammadiyah 4 (Mupat) Sukorejo, Kendal dari 2 juruan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) mengikuti dengan antusias sosialisasi Roadshow Tekiro Mechanic Competition, Rabu (31/1/2024) di bengkel SMK setempat.
Tekiro Mechanic Competition (TMC) awalnya digagas oleh PT. Altama Surya Anugerah, sebuah perusahaan yang berkedudukan di Jakarta dan merupakan pemegang merek Tekiro Tools, Rexco Pelumas dan Ryu Powertools.
TMC 2024 adalah lomba keterampilan otomotif bagi siswa-siswi SMK Se Jawa yang telah ditunjuk dalam rangka menerapkan pemahaman materi dan kemampuan keterampilan dalam ruang lingkup otomotif. Lomba akan dilaksanakan bertahap, 27/3/2024 (babak penyisihan), 27/4/2024 (semi final), dan 28/4/2024 (babak final)
Dalam sosialisasi tersebut hadir perwakilan TEKIRO, Rakan Syafi Saputra dan Ahmad Faiz Jaysurrahman yang disambut baik oleh keluarga besar SMK Mupat Sukorejo.
Kaprodi TKRO SMK Mupat Sukorejo, Presti Widiawanto, mengatakan animo siswa untuk mengikuti lomba Tekiro ini sangat tinggi. Mereka ingin mengetahui, bahwa kegiatan ini tidak sekedar sosialisasi, tetapi lomba dengan hadiah yang menarik.
“Para siswa ingin tahu pasti tentang lomba TMC, persyaratan pendaftaran, tata cara lomba, dan hadiah yang disediakan, mereka ingin tahu,” kata Presti, Kamis (1/2/2024) di ruang kerjanya.
Presti menjelaskan, mereka terpengaruh dan tertarik dengan lomba tersebut, semangat untuk belajar dan tingkat penyerapan ilmu yang diajarkan di kelas lebih baik lagi.
“Dengan adanya sosialisasi juga berpengaruh terhadap mutu sekolah semakin meningkat,” ujarnya.
Dia berharap, pasca sosialisasi, pihak sekolah segera melakukan pendaftaran peserta sebanyak-banyaknya untuk mengikuti seleksi di internal sekolah.
“Hasil seleksi internal akan diambil 40 siswa-siswi untuk didaftarkan ke panitia pusat dalam rangka mengikuti seleksi awal, babak penyisihan dengan sistem online dan mereka yang lolos sebanyak 3 siswa untuk mengikuti tahap lomba selanjutnya di Kantor PT. Altama Surya Anugerah, Jakarta,” tuturnya.
Sementara itu Waka Humas SMK Mupat Sukorejo, Nanang Emawan menyampaikan, sosialisasi roadshow kemarin memberi rangsangan kepada seluruh siswa supaya tertarik dan mengikuti TMC 2024.
“Kemarin Tim TMC melakukan sosialisasi tentang mekansisme lomba siswa jurusan teknik yang akan dilaksanakan,” kata Nanang.
Mereka selain sosialisasi lomba TMC, kata Nanang, juga mengenalkan produk-produk peralatan mekanik, seperti perkakas listrik (power tool), perkakas tangan (hand tools) dan pelumas untuk kegiatan MRO (maintenance, repair, and overhaul).
“Sebetulnya perusahaan ingin menjaring bibit-bibit muda, siswa-siswi SMK yang memiliki keahlian di bidang mekanik, baik menguasai teori maupun praktek lapangan,” ujarnya.
Nanang berharap sosialisasi kemarin ini bisa memacu siswa-siswi, semangat belajar setelah mendapat penjelasan tentang lomba tesebut.
“Mereka akan lebih semangat dalam belajar dan senang dengan ilmu mekanik, sehingga akan lahir bibit-bibit unggul khususnya dari jurusan TKRO dan TBSM,” harapnya.
Diharapkan juga, TMC akan mengangkat branding SMK Mupat Sukorejo semakin baik dan lebih luas untuk dikenal oleh masyarakat sehingga menjadi sekolah unggulan.
Menyinggung tentang eksistensi SMK Mupat Sukorejo, Shofiq Ghorbal mengatatakan SMK yang dipimpinnya menyediakan 6 Program Studi (Prodi), yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Electronika dan Industri (ELIN), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Akuntansi, dan Perbankan Syariah.
“Dari 6 Prodi tersebut terdapat 792 siswa dibawah pembinaan 40 tenaga pendidikan dan 15 tenaga non kependidikan” kata Shofiq.
Dia mengakui, SMK Mupat Sukorejo selalu bekerja sama melalui penandatanganan MoU dengan perusahaan-perusahaan skala nasional.
“Mereka bekerja di perusahaan mitra tidak karena sudah lulus, tetapi ada yang masih sekolah, tetapi sudah bekerja. Ada 40% siswa yang sudah terserap di perusahaan mitra” pungkasnya. (fur)